Komihwa
SHARE :

Hal Penting Diperhatikan Dalam Persiapan Preliminary Training

15
02/2018
Kategori : CPMI
Komentar : 0 komentar
Author : admin


Hal Penting Diperhatikan Dalam Persiapan Preliminary Training

Persiapan Preliminary Training

Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang sedang mempersiapkan Preliminary, perhatikanlah hal-hal sebagai berikut :

  1. Pemeriksaan Kesehatan dilakukan di tempat pelaksanaan Jakarta. Hasil pemeriksaan MCU dan TBC yang dilaksanakan sebelum Preliminary Education/Pemberkasan CPMI Re-Entry dinyatakan tidak berlaku.
  2. Hasil Medical Chek Up CPMI yang dinyatakan unfit to work adalah yang menunjukan:
    • Hepatitis (A dan B) positif
    • Syphilis Positif (penyakit sexual menular)
    • Tubercolosis (TB) atau Old TB positif, Sisa Pleuritis (selaput radang pluera)
    • Buta Warna Total atau Parsial.
    • Corpus Alienum (benda asing tampak pada hasil pemeriksaan X-Ray, seperti susuk)
  3. Dalam rangka pelaksanaan gerakan non-tunai untuk pembayaran biaya pengurusan dokumen keberangkatan dan penerbangan, seluruh CPMI akan difasilitasi untuk membuat rekening bank pada saat Preliminary Education (bagi CPMI yang belum memiliki buku rekening tabungan BRI).
  4. Sehubungan dengan diadakanya pemeriksaan narkoba secara acak di KBIZ Korea Selatan dan semangat Pemerintah Republik Indonesia dalam memerangi narkoba serta sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor : 29 tahun 2013 tentang Pemeriksaan Kesehatan Calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri, maka akan dilakukan pemeriksaan bebas narkoba, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan jiwa sederhana.
  5. Biaya yang diperlukan pada saat kegiatan Preliminary Educationdi KITCC Jakarta sebesar Rp. 1.936.000,- (MCU,apply visa, Konsumsi).
  6. Biaya lain yang harus dipersiapkan dalam buku tabungan oleh CPMI mulai saat prelim sampai dengan saat terbang (keberangkatan) terdiri dari :
    • Biaya keberangkatan mulai ditabung saat Preliminary Education sampai dengan kebarangkatan, minimal telah tertabung melalui Bank BRI sebesar Rp. 2.000.000,-
    • Asuransi BPJS Ketenagakerjaan untuk pra, masa dan purna penempatan sebesar Rp. 829.000 terdiri dari :
    • Pra Penempatan = Rp. 37.000,-
    • Masa Penempatan 2 tahun + 1 tahun = Rp. 495.000,-
    • Antisipasi jika diperpanjang 1 tahun 10 bulan = Rp. 297.000,-
    • Ditabung di BRI (berdasar MoU BNP2TKI dan BRI tentang Integrasi Sistem Transaksi Non Tunai Dalam Penempatan dan Perlindungan PMI).
  7. Membawa asli + fotokopi jati diri(masing-masing 5 lembar): Paspor, KTP, SKCK (Dikeluarkan Polda Setempat), ijazah yang dimiliki (SD, SLTP, SLTA, D3, S1),Surat Ijin Orang tua/Wali/Suami /Istri yang diketahui lurah atau kepala desa, Kartu Keluarga, sertifikat EPS-TOPIK dan SLC.
  8. Membawa fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang digunakan saat melamar dan dilegalisir Kepala Sekolah, apabila dari Sekolah Negeri dan bagi yang bersekolah swasta dilegalisir oleh Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat serta bagi ijazah MTs atau MAN/MAS dilegalisir oleh Kantor Agama Kabupaten/Kota setempat.
  9. Diwajibkan membawa paspor dengan masa berlaku minimal 1 (satu) tahun. Bagi yang tidak membawa paspor tidak diperkenankan mengikuti Preliminary Education.
  10. Diwajibkan membawa map bewarna biru sebanyak 2 lembar, 1 buah MAP Plastik, Materai 6 Ribu 4 lembar dan Peralatan Tulis Menulis.
  11. Diwajibkan membawa map snelhecter warna biru untuk proses apply visa.
  12. Membawa pasfoto berwarna terbaru seperti waktu anda mendaftar, ukuran 4×6 dan 3×4 masing-masing 4 lembar.
  13. Pada saat melakukan Preliminary Education/Pemberkasan PMI Re-Entry berpakaian baju lengan panjang putih, celana panjang hitam, berdasi serta telah memangkas rambut max. 2 cm untuk CPMI Korea Pria.
  14. Membawa kaos putih dan training warna hitam untuk keperluan olahraga.
  15. Membawa Hasil Pemeriksaan Psikologi yang dilakukan sendiri oleh CPMI Korea di daerah asal CPMI dengan item pemeriksaan sebagaimana tertera di lampiran pengumuman. Hasil pemeriksaan psikologi di serahkan kepada panitia penyelenggara di masing-masing tempat preliminary education.
  16. Pada saat CPMI Korea Program G to G mengikuti kegiatan Preliminary Education tidak diperkenankan keluar dari tempat Preliminary Education kecuali seijin dari pembina dan apabila kedapatan CPMI keluar pagar dari tempat Preliminary Education maka proses penempatanya dibatalkan oleh BNP2TKI.
  17. Tempat penyelenggaraan Preliminary Education Jakarta-KITCC TIDAK menyediakan fasilitas fotocopy.

KHUSUS CPMI SEKTOR FISHING

Budidaya Perikanan

  1. Membawa Asli dan fotocopy (masing-masing 2 lembar)
    Surat keterangan pelatihan vokasional/kejuruan dibidang budidaya ikan yang dikeluarkan oleh LSP KP/ BNSP/ Institusi Pemerintah, dengan harus mencakup nama kursus, pelatihan, jam dan isi dari kursus pelatihan.
  2. Sertifikat nasional dibidang budidaya ikan yang dikeluarkan oleh LSP KP atau BNSP, dengan harus mencakup nama kursus, pelatihan, jam dan isi dari kursus pelatihan.
  3. Surat pengalaman kerja selama 1 tahun atau lebih dibidang budidaya ikan, dibuktikan dengan surat keterangan pengalaman kerja dari perusahaan tempat kerja dengan mencantumkan 1 (satu) nama sebagai penjamin dengan tanda tangan diatas materai Rp.6.000 dan distempel (jika ada), serta dilampirkan salinan ID/ KTP/ Paspor penjamin dan kontak personnya.

Penangkapan Ikan

Membawa Asli dan fotocopy (masing-masing 2 lembar)

  1. Surat keterangan pelatihan vokasional/ kejuruan dibidang penangkapan ikan yang dikeluarkan LSP KP/BNSP/ Institusi Pemerintah, dengan harus mencakup nama kursus, pelatihan, jam dan isi dari kursus pelatihan.
  2. Sertifikat nasional dibidang penangkapan ikan yang dikeluarkan oleh LSP KP atau BNSP, dengan harus mencakup nama kursus, pelatihan, jam dan isi dari kursus pelatihan.
  3. Memiliki pengalaman kerja dibidang perikanan selama 1 tahun atau lebih dibuktikan dengan dokumen pengalaman kerja berupa :
  • Buku Pelaut atau;
  • Visa Kerja bidang perikanan ( fishing ) atau;
  • Surat Keterangan Berlayar dari Syahbandar atau;
  • Surat Keterangan Pengalaman Kerja dari Pemilik Kapal/Operator Kapal sebagai penjamin dengan tanda tangan diatas materai Rp.6.000 dan distempel (jika ada), serta dilampirkan salinan ID/ KTP/ Paspor penjamin dan kontak personnya (menggunakan formulir 2).

Dikutip dari web:bnp2tki
catatan :

Biaya yang harus di persiapkan :
– Biaya Preliminary Education = 1.936.000,- (MCU,apply visa, Konsumsi)
– Asuransi BPJS = Rp. 829.000,-
– Tabungan= Rp. 2000.000,-
Jumlah = Rp.4.765.000,

jangan lupa Persiapkan Ongkos yang cukup…..화이팅

Berita Lainnya