Latar Belakang

KOMIHWA adalah Singkatan dari Komunitas Indonesia Hwaseong yaitu Perkumpulan/ Komunitas Orang-orang Indonesia yang berada di Kota Hwaseong terutama yang belajar di Hwaseong Migrant Center. Di bentuk dan di Resmikan oleh Hwaseong Migrant Service Center pada tanggal 9 juni 2013 di Gedung Hwaseong Migrant Service Center di Hadiri Perwakilan dari Kapolres Kota Hwaseong.
selain dalam Bahasa latin Komihwa juga mempunyai nama dalam tulisan Korea/Hangeul yaitu 거미화, 거미= Laba-laba, 화 singkatan dari 평화 yang berarti Perdamaian untuk itu logo untuk Komihwa di putuskan Laba-laba Perdamaian
Di Hwaseong Migrant Center ini Kami belajar setiap hari Minggu selain Belajar Bahasa Korea kami juga dapat mengikuti pelatihan lain diantaranya Pelatihan Bengkel, Pelatihan Las dll, Selain itu “KOMIHWA” juga mempunyai harapan untuk para anggotanya baik yang masih kerja di Korean ataupun yang sudah pulang ke tanah air untuk membesarkan nama “KOMIHWA”
dengan kegiatan-kegiatan positif misalnya dengan membuka sebuah Pelatihan Bahasa Korea untuk membantu mereka yang ingin mendapat kesempatan kerja ke Korea, mudah dan biaya pendidikan yang terjangkau.
Sejak tahun 2007 terjadi perubahan sistem perekrutan CTKI Korea yang semula ditangani oleh PT yang kemudian diambil alih oleh Pemerintah menjadi sistem Gaverment to Gaverment (G To G) dibawah naungan Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2 TKI). Dimana CTKI yang semula dapat kerja melalui PT dengan prosedur yang mudah (dalam arti tidak harus mempunyai sertifikat kelulusan tes kemampuan bahasa) sekarang diwajibkan memperoleh sertifikat kelulusan Tes Kemapuan Bahasa Korea (EPS-TOPIK) yang diselenggarakan oleh HRD Korea dan BNP2TKI, dengan tujuan agar Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Korea menguasai Bahasa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena dengan menguasai Bahasa meminimalkan terjadinya salah paham antara pekerja Indonesia dengan pemberi kerja di korea.
CTKI yang mau mengikuti Tes EPS-TOPIK harus mempersiapkan diri agar dapat mengerjakan soal dan mencapai nilai standar kelulusan yang ditetapkan oleh pihak HRD- Korea. Oleh karena itu “KOMIHWA” membuka Pelatihan & Keterapilan Bahasa Korea dengan nama :
“KOMIHWA CIANJUR” adalah sebagai sarana untuk mempersiapkan Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) agar siap menghadapi Tes Kemampuan Bahasa Korea (EPS-TOPIK), sebagai syarat utama masuk dalam daftar CTKI ke Korea.
Selain itu ” KOMIHWA CIANJUR” juga hadir untuk menyelegarakan wahana Pendidikan yang terjangkau oleh masyarakat khususnya generasi muda di Kabupaten Cianjur, umumnya generasi muda seluruh Indonesia. Hal ini tercetus karena :

Melihat sebagian besar dari mereka yang ingin mengikuti pendidikan dan pelatihan Bahasa Korea serta masih menganggur terbentur biaya pendidikan yang sedikit memberatkan bagi yang tidak mampu.
Mencetak Tenaga Kerja yang handal sehingga diharapkan memiliki kinerja yang baik dan mampu beradaptasi di Negara Korea
Mencetak Tenaga Kerja yang berahlak baik dan taat Agama, sehingga memberikan nilai plus selain bisa mendapatkan penghasilan mereka juga bisa menunjukan ketaatannya dalam Agama.