bahasa korea

HRD Korea-BNP2TKI Kerjasama Pekerjakan Mantan TKI Korea di Indonesia

HRD Korea – BNP2TKI Kerjasama Pekerjakan Mantan TKI Korea di Indonesia Print
HRD Korea bersama BNP2TKI bekerjasama mempekerjakan mantan TKI Korea perusahaan Korea EPS Center EPS-TOPIK CBT | hrd korea, mantan tki korea, perusahaan korea, eps center, eps topik, cbt
Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI Dr Haposan Saragih M Agr memberi sambutan dalam acara “Job Fair Perusahaan Korea di Indonesia” di Graha Insan Cita, Depok, Kamis (22/11).

Depok, BNP2TKI, Kamis (22/11) – Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) bersama BNP2TKI bekerjasama untuk mempekerjakan mantan TKI Korea pada beberapa perusahaan Korea di Indonesia. Kerjasama yang baru pertamakali dilakukan ini ditandai dengan mempekerjakan 120 mantan TKI Korea yang siap dipekerjakan pada 34 perusahaan Korea di Indonesia.”BNP2TKI mengapresiasi dan sekaligus berterima kasih kepada Indonesa EPS Center HRD Korea yang telah berhasil
pemberdayaan para mantan TKI Korea untuk bekerja pada perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia,” kata Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI Haposan Saragih dalam sambutannya di depan 120 mantan TKI Korea dan 34 perwakilan perusahaan Korea di Indonesia pada acara “Job Fair Perusahaan Korea di Indonesia” di Graha Insan Cita, Depok, Kamis (22/11).

Haposan Saragih mengatakan BNP2TKI dan HRD Korea di Indoensia telah menjalin kerjasama untuk melakukan terobosan-terobosan guna mempekerjakan kembali para mantan TKI Korea pada perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia. “Kami bersyukur kerjasama tersebut akhirnya dapat terwujud untuk pertamakalinya ada 120 mantan TKI Korea yang terjaring kembali dan siap ditampung bekerja pada 34 perusahaan Korea di Indonesia,” kata Haposan.

Ia menambahkan terobosan lain yang telah dilakukan HRD Korea di Indonesia dengan BNP2TKI untuk pemberdayaan para mantan TKI Korea adalah, memberi kesempatan bekerja kembali di Korea bagi para TKI Korea yang menjelang habis masa kontrak kerjanya dan bersedia secara sukarela pulang ke Indonesia berikut mengikuti seleksi kecakapan Bahasa Korea berbasis komputer (Employment Permit System-Test of Proficiency in Korean Computer Based Test/EPS-TOPIK CBT). Dalam 2012, seleksi EPS-TOPIK CBT khusus mantan TKI Korea sudah diselenggarakan untuk yang kelima kalinya.

Haposan mengatakan HRD Korea di Indonesia secara bertahap akan terus menyelenggarakan seleksi EPS TOPIK CBT khusus mantan TKI Korea yang pulang secara sukarela saat menjelang habis masa kontrak kerjanya dan berikut pengin bekerja kembali ke Korea. “Tujuan utama dari diselenggarakannya seleksi EPS TOPIK CBT khusus mantan TKI Korea ini adalah, untuk menghindari dan mencegah terjadinya tenaga kerja asing (termasuk TKI) yang melebihi batas izin tinggal (overstayers) di Korea. Pemerintah Korea menghendaki setiap pekerja asing (termasuk TKI) yang bekerja di negaranya melalui prosedur resmi,” kata Haposan.

Kerjasama HRD Korea di Indonesia dan BNP2TKI ini, lanjut Haposan, mempunyai makna yang sangat positif bagi kedua negara (Indonesia dan Korea). Setidaknya, bagi Indonesia dapat mengatasi permasalahan ketenagakerjaan dan mengurangi jumlah pengangguran. Sedangkan bagi Korea akan menggerakkan roda perekonomiannya. “Karenanya kami menyampaikan terima kasih atas kerjasama baik ini,” kata Haposan.

Sedangkan Direktur HRD Korea untuk Indonesia, Mr Min Kyung Il mengatakan, bahwa kerjasama yang dilakukan dengan BNP2TKI ini dimaksudkan untuk membantu para mantan TKI Korea yang sudah tidak kembali bekeja di Korea. Perusahaan-perusahaan Korea yang ada di Indonesia membuka diri dan siap untuk mempekerjakan para mantan TKI Korea.

Min Kyung Il mengatakan, hanya para mantan TKI Korea yang bekerja secara sungguh-sungguh di Korea kemudian pulang ke Indonesia dan tidak mau kembali bekerja di Korea yang akan dipekerjakan pada perusahaan-perusahaan Korea yang ada di Indonesia.

Saat ini ada kurang lebih 500 perusahaan Korea di Indonesia. Sedangkan 120 mantan TKI Korea yang akan dipekerjakan pada 34 perusahaan Korea di Indonesia ini merupakan hasil seleksi dari 700-an mantan TKI Korea. Dari sekitar 700-an mantan TKI Korea itu setelah dilakukan seleksi administrasi terjaring 120 orang.

“120 orang mantan TKI Korea hasil seleksi itu sebelum dipekerjakan kembali pada 34 perusahaan Korea di Indonesia, mereka terlebih dulu menjalani pelatihan Bahasa Korea selama satu bulan di Kyunghee Seoul College di Jakarta,” kata Min Kyung Il.

Pemberdayaan terhadap mantan TKI Korea yang akan dipekerjakan pada perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia ini, lanjut Min Kyung Il, akan diagendakan setiap tahun.

Dalam kegiatan Job Fair Perusahaan Korea di Indonesia di Graha Insan Cita, Depok, Kamis siang itu juga diundang 580-an mantan TKI Korea yang tidak tersaring. Mereka diundang untuk dilakukan wawancara, bagi yang lolos wawancara akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan Korea di Indonesia lainnya.

Acara Job Fair Perusahaan Korea di Indonesia di Graha Insan Cita itu antara lain juga dihadiri Atase Tenaga Kerja Kedutaan Korea Jakarta Kim Dohyung sedangkan Haposan didampingi Kasubdit Pelaksanaan Penempatan G to G Ismain.(mam/b)

Share

7 Responses to HRD Korea-BNP2TKI Kerjasama Pekerjakan Mantan TKI Korea di Indonesia

  1. MUSLIHIN TAHMID says:

    Saya mantan TKI korea masa kerja Jan 2005 – Nof 2010 Apabila ada program berikutnya saya mohon di konfirmasi baik lewat sms di no: 082138051113 atau lewat Email ini. Terima kasih

  2. Yunita says:

    Kalo yg berkacamata,kira2 kemungkinan besar bisa diterima gak?

    • admin says:

      untuk yang berkacamata lebih jelasnya silahkan hubungi no konseling bnp2tki soalnya kita tidak tau pasti kisaran minus berapa yang di perbolehkan soalnya ada juga kawan kita di sini yang berkacamata bisa bekerja di Korea

  3. cecep subarnas says:

    Saya bekerja di Korea Selatan dari tahun 2008- 2013, tapi Saya pernah illegal selama 3 bln,apakah,Saya sebagai ExKorea jg, untuk mengikuti Program2 Pelatihan Yang diadakan oleh fikak HRD Korea, salah satunya Program seperti di atas sama sekali, tidak di perkenankan ??, terimakasih

  4. cecep subarnas says:

    Mohon pencerahannya, dari Mas Admin, dikarenakan, Saya, sangat membutuhkan jawaban dari pertanyaan tsb, di atas, terimakasih

    • admin says:

      Kang cecep maaf sebaiknya langsung di tanya ke tempat pelatihannya kan ada no telponnya soalnya nanti di wawancara apakah pernah Pulbob atau tidak (menurut teman yang kemarin daftar dan lulus persyaratan untuk pelatihan)

  5. andik says:

    Mau tanya nih ada yg pernah ilegal pulang secara sukarela dan di paspor di cap 68-1 masuk lg kekorea ada yg tahu no hpx mr.park yg punya W.I BALI INDAH daegu makasih admin sy tunggu jawabanya terimah kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy password ini:

* Ketik atau paste password di sini:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Slider by webdesign

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
SURVEI ID
[x]
id survei...Idsurvei.com merupakan program mengumpulkan data dari pengguna internet melalui survei singkat. Kami membutuhkan bantuan Anda untuk menyebarkan formulir survei singkat ini. Setiap survei yang datang dari link Anda, akan kami bayar Rp 2.000,00. Tidak ada batasan berapa data yang dapat Anda hasilkan perhari.... ...langsung klik untuk mulai survei