Mau kerja ke Korea secara resmi? Inilah biaya yang harus kamu siapkan

biaya kerja ke Korea Selatan
Photo nota dan kalkulator by : Pixabay

Halo sobat komi, di postingan kali ini saya akan coba bagikan biaya kerja ke Korea Selatan dengan program G to G sesuai dengan pengalaman pribadi saya. Jika kamu udah yakin mau kerja ke Korea maka inilah biaya kerja ke Korea Selatan dengan program G to G.

Biaya Kursus Bahasa

Hal yang pertama kali harus kamu persiapkan jika ingin bekerja ke Korea dengan program G to G adalah belajar bahasa Korea. Karena tahap pertama agar bisa proses kerja ke Korea adalah lulus ujian EPS-TOPIK. Sebetulnya kamu bisa saja belajar mandiri dengan sumber yang tersedia di Internet, tetapi di video ini saya akan coba jelaskan biaya pelatihan di lembaga kursus bahasa. Tentu saja biaya kursus ini akan berbeda – beda jadi pastikan kamu memilih tempat kursus yang betul – betul bisa membawa kamu lulus ujian EPS-TOPIK. Berikut adalah biaya kursus bahasa Korea di LPK Komihwa Cianjur:

LPK Komihwa Cianjur memiliki 3 metode pelatihan.

Kelas Reguler

Pertama kelas reguler, di kelas ini sobat komi akan mendapatkan pelatihan bahasa Korea selama 2 bulan dan 1 bulan latihan soal ujian EPS-TOPIK dan latihan ujian keterampilan. Dengan ikut kelas ini sobat komi dijamin akan lulus ujian EPS-TOPIK dengan nilai yang maksimal. Biaya kelas reguler di Komihwa Cianjur adalah 6.875.000. Dengan biaya segitu sobat komi tidak perlu lagi khawatir soal makan dan tempat tinggal, semuanya sudah termasuk di dalamnya. 

Kelas Daring

Kedua kelas daring, dengan metode pelatihan live zoom 3x perminggu. Lama pelatihan 3 bulan. Total biaya sampai akhir pelatihan adalah 3.000.000. Biaya ini sudah termasuk pembahasan soal EPS-TOPIK yang akan sobat komi dapatkan 2 minggu setelah materi utama selesai.

Kelas Karyawan

Ketiga kelas karyawan, metode pelatihan luring atau tatap muka, pertemuan setiap hari minggu, lama pelatihan 6 bulan. Biaya full dengan pemantapan adalah 5.675.000. Nah sobat bisa pilih pelatihan mana yang cocok untuk kalian.

Biaya Pendaftaran Ujian EPS-TOPIK

Setelah belajar bahasa Korea, selanjutnya mulai dari pendaftaran sampai pemberangkatan kami sarankan sobat komi membayarkan langsung ke pihak – pihak terkait.

Biaya pendaftaran ujian EPS-TOPIK yaitu sebesar 24 USD, jika dikonversi ke Rupiah sekitar 350rb sudah dengan biaya admin Bank. Untuk tahun 2022 kemarin pembayaran ujian melalui bank BNI, jadi jika tahun berikutnya sama sobat komi bisa bayarkan biaya pendaftaran dengan cara berikut:

  1. ATM BNI
  2. Mobile Banking BNI
  3. BNI SMS Banking
  4. Teller BNI
  5. Agen46
  6. iBank Personal BNI

Biaya Mempersiapkan Berkas

Setelah dinyatakan lulus ujian kalian harus mempersiapkan berkas yang memerlukan biaya seperti paspor dan keterangan sehat dari rumah sakit atau klinik sesuai rekomendasi BP2MI. Biaya pengurusan paspor ini sama di seluruh kantor imigrasi di Indonesia. Adapun proses pembayaran bisa dilakukan melalui teller bank, mobile banking, Kantor Pos, hingga aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak. Untuk keperluan bekerja ke Korea Selatan silahkan menggunakan paspor biasa 48 halaman seharga Rp. 350.000,- Untuk biaya medical tergantung tempat dimana kita melakukan pemeriksaan. Peserta pelatihan Komihwa Cianjur biasanya akan diarahkan ke HANINAH MEDICAL CENTER yang memang sudah terdaftar di list rekomendasi BP2MI. Untuk biaya nya Rp.500.000 .- Selain kedua biaya ini sobat komi juga harus menyiapkan sedikit uang untuk biaya yang tidak diduga saat mempersiapkan berkas seperti Kartu Kuning / Kartu pencari kerja dan lain – lain.

Biaya Preliminary Education Dan Pemberkasan

Saatnya proses Preliminary. Kenapa CPMI menantikan tahap ini karena Preliminary adalah tahap pendahuluan sekaligus pembekalan kepada para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). Pada tahap Preliminary biasanya berlangsung satu minggu dengan pemberkasan. Untuk tempat BP2MI telah mempersiapkannya, para peserta Preliminary hanya perlu menyiapkan keperluan pribadi yang telah BP2MI umumkan melalui website resminya www.bp2mi.go.id. Serta mempersiapkan biaya untuk pembayaran seperti berikut :

  1. Apply Visa Rp.1.104.000,-
  2. MCU II Rp. 850.000,-
  3. BPJS TK 1 Rp. 40.000,-
  4. Materai 10000, 5 Lembar Rp. 55.000,-
  5. Swab Anti Gen (1 x 24 jam ) Rp. 100.000,- ( Tergantung Keadaan )
  6. Akomodasi tergantung tempat tinggal ke tempat preliminary
  7. Uang saku secukup nya kisaran Rp. 300.000,-

Tapi sebelum nya kalian juga harus membuat surat-surat seperti SKCK dan Psikologi. Untuk Surat Keterangan Catatan Kriminal ( SKCK ) kalian hanya perlu membayar Rp. 30.000,-  dan untuk surat psikologi biayanya relatif dari Rp.300.000,- sampai Rp.600.000,- tergantung di mana anda melakukan tes psikologi dan tergantung lambat atau cepatnya proses pembuatan.

Biaya Pemberangkatan

akhirnya tiba saat nya anda untuk berangkat ke Korea Selatan untuk bekerja setelah melewati proses yang sangat panjang. Di tahap ini kalian harus memperhatikan dokumen kalian agar tidak ketinggalan. Untuk perlengkapan pribadi jangan terlalu banyak-banyak siapkan saja perlengkapan untuk satu bulan kedepan. Yang paling penting adalah biaya administrasi seperti berikut :

  1. Tiket Pesawat Rp. 5.250.000,-
  2. BPJS TK Rp. 500.000,-
  3. Materai 10000, 6 Lembar Rp. 66.000,-
  4. Swab PCR 3×24 jam Rp.500.000,- ( tergantung kondisi )
  5. Karantina Korea W 840.000 atau Rp. 10.920.000,- ( tergantung kebijakan )
  6. Uang saku secukup nya kisaran W 400.000 atau Rp. 5.000.000,- ( di anjurkan di tukar ke mata uang Korea Selatan di Indonesia )

Itulah rincian biaya dari mulai tahap awal Belajar bahasa Korea Selatan sampai tahap akhir berangkat ke Korea Selatan. Semua biaya yang keluar akan terganti setelah kerja di Korea Selatan. Karena butuh perjuangan yang keras untuk hasil yang indah. Gimana apa anda tertarik untuk bekerja di Korea Selatan.

  • Ikuti hangguk.com

    Jangan ketinggalan informasi dari hangguk.com, menyesal kalo ketinggalan

    *Ga akan nyepam janji
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    HANGGUK.COM
    © 2022 HANGGUK.COM | Privacy Policy